MSDM REVISI

         JUDUL

PERAN STRATEGI SDM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

 

         TOPIK

PENINGKATAN MUTU SDM/ TENAGA KERJA DALAM STRATEGI BISNIS AGAR MAMPU BERSAING DALAM SKALA DUNIA

 

         ABSTRAK

Peran SDM dalam persaingan globaladalah hal yang sangat penting. Dan itu merupakan salah satu faktor yang mendukung dalam persaingan global. Pemerintah berperan ditingkat makro untuk meningkatkan kompetensi SDM melalui program peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan perusahaan berperan ditingkat mikro untuk mengadopsi visi misi dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi SDM dan budaya perusahaan yang tepat.

Strategi SDM berkaitan dengan tiga aktivitas: pengadaan, pemeliharaan, serta pelatihan dan pengembangan. Strategi dan perencanaan SDM perlu didukung oleh nilai – nilai kreatifitas, layanan, continuous learning dan inovatif. Artikel ini pada dasarnya membahas peranan strategi SDM dalam menghadapi era globalisasi agar perusahaan mampu bertahan dan berkembang.

 

         TEORI

KALIMAT

(dari Jurnal)

POKOK BAHASAN

DASAR TEORI

(dari Buku)

Globalisasi dan SDM

Peran Strategis Manajemen Sumber Daya Manusia

Halaman 4, Proses Manajemen (Garry  Dessler)

Perencanaan, Pengorganisasiaan, Penyusunan Staf, Kepemimpinan, Pengendalian.

 

 

 

Halaman 5, Proses Manajemen (Garry Dessler)

Proses memperoleh, melatih, dan memberikan kompensasi kepada karyawan, memerhatikan hubungan kerja mereka, kesehatan, keamanan, dan masalah keadilan.

 

 

Halaman 10, Perubahan Lingkungan Manajemen SDM (Garry Dessler)

Globalisasi, Kemajuan Teknologis, Mengekspor Pekerjaan, Sifat Pekerjaan, Demografis Tenaga Kerja.

 

Manajemen Sumber Daya Manusia di era Global

Halaman 83, SDM dan Keuntungan Kompetitif

Strategi SDM perlu dipersiapkan secara seksama khususnya oleh perusahaan – perusahaan agar mampu menghasilkan keluaran yang mampu bersaing ditingkat dunia.

 

Tantangan Strategis Sumber Daya Manusia

Halaman 86, Peran SDM dalam melaksanakan Strategi (Garry Dessler)

Perusahaan perlu mengkaji dan menganalisis kebutuhan dan kesenjangan SDM terhadap strategi perusahaan masa kini dan masa mendatang. Aset yang perlu di evaluasi adalah kualitas dan potensi SDM yang dimiliki saat ini, kebijakan SDM, system pengadaan, pemeliharaan dan pelatihan pengembangan, nilai – nilai yang ada baik yang positif maupun yang negative serta kemampuan mengelola SDM.

 

 

Halaman 87, Peran SDM dalam Formulasi Strategi

Flexibility dan continuous learning merupakan karakteristik yang sangat penting dan yang sudah perlu dipertimbangkan oleh pelaku bisnis untuk menjawab tantangan perdagangan bebas yang semakin kompetitif.

 

Design dan Analisis Pekerjaan

Halaman 116, Pengertian Analisis Pekerjaan

Aktivitas pekerjaan, Perilaku manusia, mesin, perangkat, peralatan, dan bantuan pekerjaan, standar prestasi, konteks pekerjaan, persyaratan manusia.

 

Proses Perencanaan dan Perekrutan Sumber Daya Manusia

Halaman 156, Merencanakan dan memprediksi Pekerjaan.

Organisasi belajar (learning organization) merupakan salah satu pendekatan yang tepat dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk mengantisipasi masa depan.

Pengembangan berupa pelatihan tidak terlalu banyak dilakukan, kalaupun dilakukan bersifat informal dan berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan

 

         KESIMPULAN

Dengan dimulainya perdagangan bebas yang antara lain: diawalinya realisasi persetujuan AFTA, pemerintah dan pelaku bisnis harus siap menghadapinya dengan mempersiapkan strategi bisnis dan khususnya SDM agar kita mampu bersaing dalam skala dunia. Mutu SDM harus berorientasi kedepan sebab itu continuous learning focus pada tim, empowerment kreatif mengaplikasikan paradigm learning organization.

Profesionalisme manajemen, system informasi, budaya perusahaan yang tepat, pemanfaatan teknologi, strategi fungsional lainnya perlu secara terpadu mendukung pelaksanaan human resources practices yang sejalan dengan strategi SDM, strategi perusahaan, visi dan misi disertai kepemimpinan yang handal. Ditingkat makro, dalam menghadapi tantangan globalisasi perusahaan atau pelaku bisnis, pemerintah dan akademisi perlu mengembangkan tenaga kerja nasional melalui program-program terpadu dan nyata.

                                                  

         PENDAPAT DAN SARAN

Di era globalisasi ini kita harus bertindak cepat dalam menghadapi setiap masalah, terutama untuk menghadapi permasalahan SDM kita. SDM di Indonesia masih jauh dari tingkat keefektifan dalam menghadapi era globalisasi. Di Indonesia masih terlalu percaya pada SDM asing, terutama untuk bisnis bertaraf internasional

Kita sebagai SDM Indonesia tidak boleh hanya tinggal diam dalam menghadapi tandatangan global ini. Kita tidak boleh kalah saing dengan SDM asing, SDM Indonesia harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk yang lebih berkualitas, jadi kita tidak hanya sebagai manusia yang konsumtif tapi  juga produktif SDM di Indonesia juga harus bisa menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu untuk bersaing dalam perdagangan bebas di era globalisasi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s