PERAN STRATEGI SDM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA:

PERAN STRATEGI SDM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL”

 

ABSTRAKSI

䊆   Globalisasi dan perdagangan bebas membuat persaingan bisnis semakin ketat. Dalam perekonomian makro, pemerintah perlu meningkatkan kompetensi SDM melalui program peningkatan mutu pendidikan. Sedang ditingkat perekonomian mikro, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi SDM dan budaya perusahaan yang tepat pula.

䊆   Pada dasarnya strategi SDM berkaitan dengan tiga aktivitas SDM: pengadaan, pemeliharaan serta pelatihan dan pengembangan.

䊆   Strategi dan perencanaan SDM perlu didukung oleh nilai-nilai kreativitas, layanan, continuous learning dan inovatif.

䊆   Artikel ini pada dasarnya membahas peranan strategi SDM dalam menghadapi era globalisasi agar perusahaan mampu bertahan dan berkembang.

 

TEORI               

Hubungan Globalisasi dan SDM

Globalisasi: proses perubahan dalam berbagai sektor menuju dunia global.

SDM: merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam adanya sebuah persaingan global.

 

Model tipologi perusahaan dan implikasinya pada strategi sumber daya manusia sebagai berikut (menurut Sonnenfeld dan Peiperl (1991)):

*    Fortress. Perusahaan menekankan pada kelangsungan hidup.

*    Academy. Perusahaan menekankan pada spesialisasi jabatan.

*    Club. Perusahaan bertipologi ini menekankan loyalitas, komitmen, senioritas dan pengalaman.

*    Baseball-Team. Perusahaan menekankan pada inovasi.

 

Aktivitas SDM dalam Menghadapi Bisnis “Global”

|  Prediksi SDM perlu dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui penelitian SDM.

|  Rekrutmen dan seleksi harus mendasarkan pada faktor kemampuan, kepribadian yang positif, bermotivasi tinggi, nilai-nilai yang menunjang misi, visi serta strate­gi masa depan, misalnya kreativitas, kemampuan berubah cepat, potensi berkembang, serta berkemampuan dan kemauan belajar terus-menerus.

|  Orientasi atau introduction perlu dilakukan dengan mendasarkan pada budaya perusahaan.

|  Pelatihan serta pengembangan perlu mengacu pada kompeten, motivasi dan nilai-nilai yang diharapkan serta hasilnya harus dapat diukur.

|  Pemeliharaan perlu dilakukan dengan memperhatikan hak dan kewajiban karyawan secara seksama. Kompensasi yang mendasarkan pada suatu pertimban­gan yang efektif dan adil. Insentif atau tunjangan harus diper­timbangan dengan seksama dan berdasarkan prestasi.

|  Penilaian prestasi perlu benar-benar menilai prestasi karyawan secara tepat dan berorientasi pada pengembangan karyawan.

|  Penanaman nilai yang menekankan pada paradigma learning organization, dan budaya organisasi yang berorientasi pada profesionalisme

|  Memperhatikan faktor-faktor eksternal —- strategi perusahaan yang berorientasi global, lingkungan bisnis dan lain-lain.

|  Jalur karier karyawan perlu direncanakan dengan seksama dan secara transparan dikomunikasikan.

|  Struktur organisasi seyogyanya cenderung ramping dan fleksibel dan mendorong komunikasi lateral dan empowerment.

 

KESIMPULAN

Dalam menghadapi persaingan global perlu adanya peningkatan strategi yang tepat dan peningkatan mutu SDM agar dapat bersaing secara Global. “Menempatkan orang yang tepat di waktu yang tepat dan di tempat yang tepat.

Profesionalisme manajemen, sistem informasi, budaya perusahaan yang tepat, pemanfaatan teknologi, strategi fungsional lainnya perlu secara terpadu mendukung pelaksanaan human resources practices yang sejalan dengan strategi SDM, strategi perusahaan, misi dan visi, disertai kepe­mimpinan yang handal, bermotivasi, berwawasan luas yang didukung oleh SDM yang berkualitas.

 

 PENDAPAT

Peranan SDM sangatlah penting dalam menghadapi persaingan global karena dengan SDM yang bermutu dan memiliki wawasan global yang baik akan memudahkan perusahaan menghadapi persaingan global.

Perusahan juga harus selektif dalam perekrutan SDM, strategi yang tepat juga akan mendukung perkembangan perusahaan agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan misi, visi dan strateginya dalam menghadapi bisnis global.

 

 SARAN            

Yang harus dilakukan dalam manjalankan bisnis global adalah menyiapkan strategi dan orang-orang yang hebat dalam menjalankan bisnis tersebut. Dan perlu adanya proses penyeleksian tenaga kerja/ SDM yang baik untuk menjalankan perusahaan tersebut. Pertama yang harus dilakukan adalah memproyeksi jumlah karyawan yang dibutuhkan (forecasting of employees), Melakukan identifikasi SDM yang tersedia dalam organisasi (human resource audit), Melakukan analisis keseimbangan penawaran dan permintaan (demand and suplay analysis), dan Menjalankan program aksi (action program).

 

 SOLUSI

Solusinya adalah terlebih dahulu perusahaan harus mengukur seberapa besar dan seberapakah daya saing perusahaan dalam menghadapi bisnis global. Setelah itu perusahaan harus menyiapkan strategi yang sesuai dengan visi, misi Perusahaan agar kinerja dapat berjalan efektif.

Peranan SDM juga harus diperhatikan dengan cara menempatkan orang yang tepat di waktu yang tepat dan di tempat yang tepat. Agar kinerja perusahaan berjalan baik efektif dan efisien. Perlu juga ada peningkatan mutu SDM agar perusahaan lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan bisnis global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s